Olahraga Malam hari – Sehat atau Tidak ?

Agar hidup sehat kita selalu dituntut untuk senantiasa melatih tubuh kita, bergerak, dan berolahraga. Tidak bisa kita hindari bahwa kecanggihan teknologi pada era modern telah membawa kita pada saat dimana kita semua begitu sibuk, jangankan berpikir untuk berolahraga, untuk sekedar mengisi perut saja, kita seolah sudah kehilangan waktu.

Lalu apa yang akhirnya dilakukan ?
Bagi yang tidak terlalu peduli, tentu akan melanjutkan aktifitas, bekerja, dan tanpa disadari menjadi gaya hidup tidak sehat yang menjadi kebiasaan sehari hari, bagi yang peduli satu-satunya waktu yang tersisa adalah melakukan aktifitas olahraga dimalam hari.
Anak-anak muda generasi pekerja yang terus beraktifitas hampir 24 jam sehari, tanpa lelah, dengan semangat terus bergerak.

Pertanyaannya adalah apakah malam hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga ?
Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. banyaknya kasus yang terjadi beberapa tahun belakangan telah membuat publik, masyarakat yang gemar berolahraga malam hari lebih waspada. Artis-artis terkenal yang mendadak meninggal karena bermain futsal pada malam hari, karena serangan jantung, seolah memunculkan keraguan setiap publik Indonesia tentang olahraga di malam hari.

Lalu apakah Olahraga malam hari pemicu serangan jantung ?
Tidak, jika kita mengaitkan Olahraga malam hari dengan serangan jantung, kita harus merangkai setiap kejadian dibelakangnya, salah satunya adalah kondisi fisik orang yang terkena serangan jantung. Jika Anda masih ingat, pesepak bola muda professional yang masih berusia 23 tahun saja bisa terkena serangan jantung saat sedang menjalankan pertandingan, otomatis pesepak bola professional yang sangat atletis dan rutin melakukan medical checkup, apalagi kita.

Kenali diri Anda saat itu
Jika Anda hanya bisa berolahraga dimalam hari. Kenali kondisi Anda sebelum mulai berolahraga, Anda tentu telah melalui serangkaian aktifitas yang sangat padat dari pagi hingga sore hari, tanyakan pada diri Anda apakah fisik Anda masih sanggup melakukan olahraga, jika Anda merasa cukup lelah, urungkan niat untuk berolahraga saat itu. Kelelahan selama ini menjadi faktor utama yang berujung pada serangan jantung.
Ingat, jika Anda merasa lelah jangan paksakan diri.

Jenis Olahraga
Bahkan Olahraga ringan lari dipagi hari saja bisa menjadi pemicu serangan jantung, jadi mengkaitkan Olahraga malam dengan hal tersebut tentulah tidak sepenuhnya benar.
Jika Anda ingin memulai aktifitas Olahraga pada malam hari, pertimbangkan jenis olahraganya. Sepakbola, futsal, basket, tentu akan terasa lebih berat jika seluruh anggota tim atau temen Anda bermain secara serius, berbeda dengan olahraga lari atau olahraga lainnya yang bisa Anda lakukan sendiri, atur tempo olahraga, dan kapan berhenti.

Jadi apakah Olahraga di Malam hari berbahaya ?
Tergantung diri Anda, jika secara Fisik Anda sudah sangat lelah, maka Olahraga saat itu bisa menjadi sangat berbahaya bagi Anda.
Jika secara fisik Anda masih segar bugar (kelebihan energi), melakukan Olahraga malam hari justru akan membantu Anda tidur lebih nyenyak dimalam hari, rileks, dan juga tentu saja sehat.

One thought on “Olahraga Malam hari – Sehat atau Tidak ?

  • August 11, 2016 at 4:50 am
    Permalink

    saya sering melakukan olahraga dimalam hari sekitar jam 7 sampai jam 9 ,.. makasih min infonya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *