Cara Membuktikan File yang Anda “Download” bebas Virus ?

Anda senang melakukan “download file” di Internet ?, Anda harus perhatikan langkah berikut agar terbebas dari Virus. Apalagi dengan semakin berkembang jenis virus setiap harinya dan kecanggihannya yang bersifat sangat merusak, hal ini tentu tidak baik jika berimbas pada file-file penting di komputer Anda.

Tidak peduli apa pun file yang selalu Anda download, akan selalu ada resiko terkena Virus. Jika komputer Anda pernah terkena virus sebelumnya, Anda tentu mengetahui seberapa repotnya hal tersebut. Apalagi, seiring dengan perkembangannya, Virus kini tidak hanya menginfeksi file di komputer Anda, ada yang meninfeksi untuk mencuri data penting Anda, atau bahkan menyandera seisi komputer Anda dengan sejumlah tebusan.

Berikut beberapa poin yang bisa membantu Anda setidaknya menghindari komputer terjangkit Virus:

1. Gunakan Add On Adblock pada browser Anda.
Fungsi utama adalah melakukan block pada iklan disebuah situs yang Anda kunjungi. Iklan memang bukan virus, tapi dewasa ini Ada begitu banyak iklan nakal, termasuk iklan yang secara tidak langsung tersisip virus didalamnya. Harus diingat, virus bukan hanya menyebar melewati media file yang Anda download, namun juga melalui media website. Cukup hanya dengan membuka Website yang sudah disisipkan virus, maka komputer Anda sudah langsung terinfeksi. Maka dari pada mengambil resiko tersebut, memasang Adblock setidaknya meminimalisir hal tersebut.

2. Testimonial atau Komentar
Ketika Anda hendak mendownload sebuah file, pastikan jika sudah ada testimonial atau komentar orang yang sudah medownloadnya lebih dulu. Apakah positif atau negatif ?
Jika komentar bernada negatif, Anda lebih baik menghindarinya
Jika komentar positif, jangan dengan mudah percaya. Cek keaslian komentar tersebut, terkadang komentar positif bisa jadi komentar palsu yang sengaja dibuat oleh orang yang membagikan file tersebut.
Jika sama sekali tidak ada komentar atau testimonial, tinggalkan dan cari ditempat lain.

( namun bagaimana jika, Anda tidak punya pilihan lain lagi?. file tersebut hanya tersedia disitus tersebut )

3. Lakukan file scan di Virustotal
Jika Anda tetap ingin melakukan download dari situs yang tidak memiliki testimonial atau komentar apa pun. Metode lainnya adalah File Scan di Virustotal.com.
Virustotal akan melakukan scan file yang Anda download dengan 50 jenis AntiVirus diseluruh dunia. Ambil contoh AVG, Kaspersky, Avira, BitDefender, dll.
Kelemahan dari Virustotal adalah size limit, Jadi file dengan ukuran besar tidak akan bisa dilakukan scan di virustotal.

4. Lalu bagaimana jika file yang Anda download tidak memiliki komentar & juga tidak melalui scan Virustotal karena ukuran file ?
Anda berada dalam resiko besar. Jadi salah satu hal yang bisa Andalkan saat ini hanyalah Antivirus yang sudah terinstall di komputer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *