Futsal Malam Hari dan Jantung ?

Futsal dan Serangan Jantung
Anda mungkin sudah banyak membaca berita tentang Artis yang meninggal karena terkena serangan jantung saat melakukan olahraga futsal. Mungkin ada yang peduli dan berhati-hati, namun ada yang cenderung jadi takut untuk bermain futsal dan menjadi paranoid. Tentu kita tidak bisa langsung memberikan kesimpulan, dari kondisi pemberitaan tersebut. Serangan jantung pada seseorang, dapat terjadi pada berbagai faktor yang tetap harus menjadi perhatian. Ambil contoh atlit sepakbola professional yang berlaga di liga besar eropa saja, yang memiliki tim medis yang rutin melakukan tes medis, bisa terkena serangan jantung, saat berlaga pada suatu pertandingan.

Kita juga tidak bisa mengatakan bahwa olahraga malam adalah faktor penyebabnya, karena toh ada yang terjadi saat pagi, siang, ataupun sore hari. Kita juga tidak bisa mengatakan faktor usia, meski faktor usia juga mempengaruhi, tetapi serangan jantung kini juga banyak menyerang usia muda.

Jarang berolahraga
Salah satu hal yang patut Anda perhatikan adalah intensitas olahraga Anda, jika Anda termasuk orang yang jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, hindari bermain futsal terlebih dahulu. Jangan samakan kondisi Anda dengan saat Anda masih bersekolah, banyak dari kalangan muda yang kehilangan kesempatan atau mulai malas berolahraga ketika memasuki dunia kerja, hal ini tentu berbeda dengan saat Anda masih bersekolah dimana pasti ada mata pelajaran Olahraga rutin setiap minggunya.

Irama Jantung
Serangan jantung, biasanya dipicu oleh irama jantung yang kacau dan hal ini bisa Anda alami jika memaksakan diri bermain Futsal. Bagi Anda yang sangat jarang berolahraga, atau tidak pernah sama sekali berolahraga, Anda akan merasakan irama Jantung yang berdetak dengan sangat mengerikan, yang tentu akan sangat berbahaya jika saat itu kondisi tubuh Anda juga dalam kondisi tidak fit (Jika Anda adalah tipe yang juga suka bergadang)

Intensitas
Bermain futsal, sedikit berbeda dengan bermain sepakbola. Lebar lapangan yang sempit pada futsal, membuat Anda harus terus berlari setiap waktu dalam intensitas tinggi, hal ini tentu berbeda dengan sepakbola yang memiliki lapangan luas yang bisa Anda curi sedikit waktu untuk beristirahat. Bermain futsal akan membuat Anda berlari bolak balik seisi lapangan futsal tanpa henti.

Menjadi Kiper
Jika Anda tetap memaksakan bermain Futsal, mungkin karena ajakan teman kantor. Anda bisa mulai bermain sebentar dan kemudian beristirahat dengan mengisi pos Kiper, dari semua posisi di Futsal, praktis posisi Kiper yang tidak terlalu menguras tenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *