Panasnya El Clasico Bulan November – Real Madrid vs Barcelona

Jika Anda adalah pecinta sepakbola, tentu sudah siap menanti laga besar pada akhir pekan ini. Bulan November 2015, pekan ini akan menyajikan laga klasik antara Real Madrid vs Barcelona. Namun fokus perhatian kali ini, tidak hanya pada tensi laga, tetapi faktor keamanan juga mulai menjadi headline utama diberbagai media spanyol, terutama otoritas LA Liga.

Seperti yang sudah kita ketahui, beberapa minggu ini, ranah Eropa diguncang aksi teror pada saat laga persahabatan antara tim nasional Prancis melawan Jerman. Seluruh dataran eropa seolah terbangun akan ancaman aksi teror, sejumlah laga persahabatan dibatalkan, sebut saja laga antara Timnas Spanyol vs Belgia.

Keamanan El Clasico

Selain Paris, seluruh dataran Eropa sedang dalam status keamanan tingkat tinggi, tak terkecuali Spanyol. LA Liga dan Otoritas setempat, sedang melakukan analisa tentang resiko pertandingan El Clasico kali ini. Mengingat pertandingan ini, akan disaksikan oleh lebih dari ratusan juta pengemar sepakbola diseluruh dunia, dan ratusan ribu orang yang akan hadir di Stadion Santiago Bernabeu.

Jadi analisa akhir, disebutkan akan menentukan apakah pertandingan antara Real Madrid vs Barcelona ini tetap digelar atau penundaan.

Messi yang Cedera

Selain faktor keamanan, El Clasico kali ini juga menaruh perhatian penuh pada cederanya seorang Lionel Messi. Pada beberapa headline berita, disebutkan Messi sendiri berjuang keras agar bisa pulih dari cedera dan tampil di El Clasico akhir pekan ini, namun jika pun nanti Messi harus absen tentu Barcelona masih memiliki barisan penyerang paling mematikan saat ini pada diri Neymar & Luis Suarez, namun El Clasico tanpa Messi, seolah kehilangan bumbu utama dalam sebuah masakan.

MSN & BBC

Pada El Clasico kali ini, selain fokus pada Messi dan Ronaldo. Masalah juga muncul dari pihak Real Madrid, dimana Benzema yang cedera dan masih bermasalah dengan Otoritas Prancis tentang Kasus Pemerasan, Sergio Ramos cedera pada bahu dan sang Kiper utama Keylor Navas memberi Rafael Benitez tidak memiliki pilihan selain memainkan Kiper Cadangan Kiko Casilla . Gareth Bale tentu juga akan menjadi sorotan utama, mengingat umur Ronaldo yang sudah memasuki kepala 3.

Lain Real Madrid, lain Barcelona. Meski kehilangan Messi, Barcelona masih memiliki Neymar dan Luis Suarez yang tampil begitu tajam mengisi absennya Messi. Teknik yang gemilang, serta finishing yang tajam dari keduanya telah mengembalikan Barcelona kejalur perebutan juara, setelah awal musim sempat terpuruk diurutan klasemen dan mengalami kekalahan telak disejumlah laga.

Rafael Benitez vs Luis Enrique

Pertarungan strategi antar pelatih juga akan menjadi faktor penting dalam laga ini.

Meski Luis Enrique baru saja membawa Barcelona memenangkan Treble musim lalu, Pengalaman melatih dan faktor hilangnya Messi tentu akan sangat mengurangi kekuatan Barcelona musim ini. Berbeda dengan Enrique, Benitez bisa memainkan Ronaldo,  Benitez juga termasuk salah satu pelatih eropa yang sarat pengalaman dan sudah memenangkan sejumlah Tropi.

Balik lagi, apakah Benitez akan memainkan skema yang lebih defensif ? seperti yang selama ini menjadi kritikan banyak pihak padanya. Benitez juga punya reputasi yang kurang baik pada laga laga besar.

Barcelona saat ini tidaklah mengunakan gaya Tiki Taka lagi seutuhnya, selain absennya Messi, Barcelona musim ini juga sudah kehilangan Xavi yang memutuskan bermain di Liga Qatar.

Real Madrid musim ini  bukanlah Real Madrid era Ancelotti lagi, dengan Pelatih baru tentu akan butuh waktu agar filosofi Benitez bisa diterima oleh para pemain bintang Madrid yang terkenal memiliki ego tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *