Dampak pengunaan Tablet / Smartphone Berlebih pada Anak-Anak ?

Apakah Anak anda salah satu penguna setia Smartphone atau Tablet ?. Jika Iya, maka Anda harus mulai berhati-hati. Apalagi jika Anak Anda sudah memasuki usia diatas 3 tahun. Tentu Smartphone atau Tablet bisa membuat Anak anda terhibur, lebih diam, dan tidak terus menganggu Anda, tetapi kelanjutan dari aktifitasnya tersebut adalah Kurangnya olahraga fisik dan tentu kerusakan pada jarak pandang mata secara perlahan.

Anak Era 90

Anda tentu masih ingat, diera 90 ketika komputer masih begitu jarang dimiliki oleh setiap orang, apalagi perangkat handphone yang masih hitam putih dan termasuk kategori barang mewah. Setiap Anak-anak bermain dengan teman-temannya diluar rumah, berinteraksi, bersosialisasi, menyapa dengan alam, berkreasi, dan berimaginasi. Berbeda dengan jaman sekarang, yang lebih banyak menghabiskan waktu didalam rumah, berinteraksi dengan tablet atau smartphone mereka masing-masing.

Jadi sebagai orang tua, Anda harus mulai menjauhkan Tablet atau smartphone dari jangkauan mereka atau jika tidak bisa, cobalah berikan mereka jangka waktu atau batas waktu menyentuh perangkat pintar mereka. Mulailah mengajak mereka melakukan berbagai kegiatan, atau olahraga yang berguna melatih fisik.

Bisa juga berupa permainan tradisional, seperti bermain “congklak”, “engrang”, “ucing sumput” atau permain lainnya, yang pasti pernah Anda mainkan dengan teman-teman Anda waktu masih kecil.

Waktu Anak dan Anda
Selain Anak Anda yang akan terus memberontak ketika aksesnya terdapat Smartphone atau Tablet Anda batasi, Kendala juga akan datang dari diri Anda sendiri. Siapkah Anda mulai meluangkan waktu dengan Anak Anda, karena orang pertama yang akan diganggu olehnya adalah Anda. Jika Anda sendiri belum siap, dan lebih senang Anak Anda memainkan tabletnya dan Anda juga bisa lebih tenang melakukan aktivitas Anda, Anda tentu akan lebih setuju dia berinteraksi dengan perangkat teknologinya.

Teknologi yang semakin pesat memang meningkatkan efektifitas kita dalam bekerja, dan tentu ada begitu banyak hiburan dan akses informasi tanpa batas. Tapi semua efek positif itu, juga memiliki dampak negatif yang tidak boleh kita abaikan, apalagi jika hal tersebut secara pelan-pelan menyerang Anak-anak kita yang ikut mengunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *