Musim Hujan mulai tiba di Indonesia – Waspada Demam Berdarah

Memasuki pertengahan bulan November ini, Indonesia mulai diguyur hujan. Maka 1 hal yang harus mulai diwaspadai adalah penyakit demam berdarah. Mulailah melakukan langkah pencegahan saat ini juga dan terus jaga kondisi tubuh agar tidak lelah walau aktifitas akhir tahun biasanya akan semakin padat.

Berbeda dengan cuaca beberapa bulan terakhir yang begitu panas, dan tentu beberapa bagian di Indonesia yang mulai diserang kabut asap. Turunnya hujan seolah menjadi penolong pemerintah, yang sudah berbulan-bulan dihadapkan pada masalah asap, yang hampir menyelimuti seluruh Indonesia. Datangnya musim hujan juga sebagai suatu petanda agar kita mulai waspada pada penyakit-penyakit yang salah satunya “demam berdarah”.

Jika tubuh kita selama hampir lebih dari setengah tahun terbiasa dengan cuaca yang panas setiap hari, keringat mengalir siang malam, kini seolah berubah drastis, tubuh kita harus mulai menyesuaikan diri pada cuaca musim hujan yang lebih dingin. Kondisi cuaca yang berubah drastis ini, tentu akan mudah menyebabkan jatuh sakit pada masa tubuh menyesuaikan diri, dan celah inilah yang kemudian menjadi titik mudah, jalan masuk seseorang mulai terserang virus demam berdarah.

Pada awal-awal tahun 2000, mungkin Anda masih mengingat iklan di TV yang dibuat oleh pemerintah, yang begitu terkenal dengan jargon 3M Menguras, Menutup, dan Mengubur. Manfaat dari gerakan ini adalah untuk mengurangi peluang jentik nyamuk berkembang biak disekitar Anda, terutama nyamuk tipe demam berdarah yang akan banyak Anda jumpai ketika musim hujan tiba. Cuaca musim hujan yang dingin juga menjadi faktor utama, nyamuk mulai suka memasuki rumah untuk mencari temperatur yang lebih hangat.

Selain 3M tersebut, Anda juga harus memperhatikan lingkungan dalam rumah, ambil contoh perabotan, hingga baju-baju bertipe gelap yang bergelantungan di kamar tidur Anda, minuman kemasan, cekungan-cekungan yang menampung air. Memang ada begitu banyak faktor yang begitu ribet, salah satu cara paling efektif adalah mulai mengunakan obat nyamuk baik berupa obat bakar, atau obat semprot dan lotion anti nyamuk pada tubuh.

Musim hujan sudah tiba, lebih baik mencegah dari pada mengobati yang tentu tidak akan ramah kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *