Faktor Penyebab Amandel Bengkak ?

Amandel Bengkak terkadang begitu disepelekan, mengingat bukan termasuk penyakit berbahaya. Namun mulut adalah salah satu jalur masuk makanan kita sehari-hari, tentu Anda akan merasakan betapa sakit dan menderitanya menelan sesuatu.

Jika kita mau secara disiplin untuk menghindari penyebab-penyebabnya, amandel tidaklah sulit untuk disembuhkan. Banyak cara yang dapat kita ketahui untuk mengobati peradangan pada amandel seperti pengobatan tradisional, mengonsumsi obat dari dokter, dan tentunya menghindari hal-hal lain yang dapat memperburuk kondisi amandel. Jalan terakhir untuk mengobati amandel adalah dengan melakukan operasi, hal tersebut dilakukan jika pembengkakan yang terjadi pada amandel sudah sangat parah. Tetapi anda dapat menghindari operasi jika kita berusaha untuk mengobati penyakit amandel sejak dini.

Posisi amandel yang terletak di bagian tenggorokan membuat kita merasa tidak nyaman. Rasa sakit yang timbul baik saat makan, minum, ataupun berbicara sangatlah menganggu kita dalam menjalankan berbagai aktivitas dan hal tersebut akan menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah baru. Amandel yang berfungsi untuk melawan bakteri, kuman, atau virus dan jika amandel tidak mampu melakukanya makan bakteri, kuman, ataupun virus akan masuk kedalam tubuh kita dan menyebabkan peradangan atau pembengkakan pada amandel.

Cukup mudah untuk mengetahui apakah kita mengalami sakit amande atau tidak. Amandel terletak di kedua sisi tenggorokan, sehingga saat membengkak anda akan merasakan sakit di di kerongkongan baik bicara, makan, ataupun minum. Selain itu suara akan menjadi sedikit berbeda atau biasanya disebut bindeng.

Gejala amandel dapat dilihat ataupun anda rasakan sendiri. Jika anda melihat ke tenggorokan amandel akan berwarna merah dan lebih besar. Selain itu pada amandel juga biasanya terdapat bercak putih kekuningan, tenggorakan sakit saat menelan, dan bagian leher dekat amandel pun biasanya membengkak. Gejala lainnya adalah anda juga merasakan pusing, hidung tersumbang, tubuh pegal, dan demam.

Beberapa faktor penyebab peradangan atau bengkak pada amandel karena kurangnya asupan vitamin C kedalam tubuh, kurangnya minum air putih dalam sehari (minimal mengonsumsi air putih 8 gelas sehari), dan amandel juga bisa timbul jika mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet atau bahan kimia lainnya. Selain itu cara untuk menghindari amandel dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tangan, serta tidak mengonsumsi makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu pedas, dan terlalu asam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *