Bagaimana caranya Berhenti Merokok ?

Setiap orang yang kecanduan merokok pasti memiliki keinginan untuk berhenti, namun tantangannya tentu tidak semudah dibicarakan. Entah bagaimana caranya seseorang mulai merokok, baik Anda mau pun orang lain tentu memiliki berbagai faktor yang akhir membuat Anda dan perokok lainnya terjerumus.

Berhenti Merokok sangat Susah
Mungkin statement diatas paling bisa Anda perokok rasakan, orang yang tidak pernah merokok pasti berkata “apa susahnya sih berhenti merokok?”. Ada berbagai faktor dan alasan yang akhirnya menjadi rintangan dan halangan besar, mulai dari ada yang sangat gelisah ketika saatnya sudah tiba untuk merokok, ada juga yang masalah mulut terasa pahit, untuk seniman ada juga yang butuh setiap batang rokok sebagai sumber inspirasi, untuk menenangkan pikiran dan menghasilkan karya, ada begitu banyak alasan didalamnya. Tetapi dari semua alasan bisa disimpulkan jika faktor utama lebih banyak muncul dari pribadi psikologi perokok.

Lalu Bagaimana berhenti merokok
Pertama – Anda harus katakan pada diri, bahwa saya berkomitmen untuk mulai berhenti merokok. Mulailah dari hal itu, percuma jika orang-orang terdekat menyuruh Anda untuk berhenti merokok namun Anda sendiri masih menikmatinya. Jadi poin pertama, keinginan untuk berhenti merokok harus dari datang dari diri Anda.

Dengan Anda melakukan search di internet untuk sampai pada artikel ini, maka Anda bisa dikatakan sudah berkomitmen besar untuk berhenti merokok.

Kedua – Anda butuh faktor pendukung lainnya, Mulai pikirkan kenapa Anda ingin berhenti merokok saat ini?
Ketika seorang perokok mulai berpikir berhenti merokok, biasanya ada berbagai faktor. Mulai dari khawatir akan kesehatan nantinya, dan keluarga.

Anda bisa mulai mencoba memikirkan sisi negatif yang akan menimpa keluarga Anda, jika Anda terus merokok 5,10, atau 20 tahun kedepan. Apa yang akan terjadi pada Anda jika terus merokok, dan apa yang akan keluarga Anda rasakan ?
Kemudia sisi Positif, jika Anda mulai berhenti merokok saat ini juga.
Jadikan itu sebagai Faktor pendukung kedua Anda, Anda berhenti merokok untuk Keluarga.

Ketika Anda mulai merokok, kematian karena penyakit Kanker dimasa depan Anda itu sudah Pasti. Jadi ingat poin ini.

Ketiga – Jadikan keluarga sebagai pendukung utama yang berfungsi mengingatkan, membantu Anda keluar dari kecanduan merokok.
Karena berhenti merokok adalah melawan diri Anda sendiri, jadi Anda akan sangat membutuhkan Orang lain untuk melawan Anda sendiri.

Keempat – Ketika masanya untuk merokok tiba, Anda akan mulai merasakan semua efek dari kecanduan itu. Termasuk pada mulut yang seperti tidak enak karena ada sesuatu yang hilang, Anda bisa gunakan permen karet atau cemilan lainnya sebagai penganti.

Cukup terapkan 4 poin utama diatas dan dengan dukungan dari Keluarga, Semoga Anda benar-benar bisa berhenti dari kecanduan merokok dan mulai hidup sehat bukan untuk diri Anda sendiri tapi keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *