Makanan yang Dapat Menambah Darah ?

Apa Makanan-Makanan yang Dapat Menambah Darah?. Segala sesuatu baik kelebihan maupun kekurangan akan menjadi tidak baik dan bermasalah, begitu juga darah yang terdapat dalam tubuh kita. Jangan pernah menganggap remeh jika tubuh kita kekurangan darah, hal ini biasanya dialami oleh wanita yang sedang diet, hamil, dan hal lainnya. Sel darah merah memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Jika anda mengalami 5L yaitu lemah, letih, lesu, loyo, dan lelah itu merupakan gejala awal dari kekurangan darah. Jika anda mengalami kondisi ini janganlah terburu-buru untuk mengonsumsi obat-obatan atu suplemen. Anda dapat memilih cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menambah darah anda.

1. Kuning telur
Rebuslah 1 kuning telur dengan 60 gram daun merah dan air secukupnya. Konsumsilah secara teratur 2 kali sehari.

2. Sereal roti havermut
Sereal roti havermut dapat memberikan 20 persen zat besi. Gandumg memiliki banyak kandungan zat besi yang mengurangi resiko anda terkena anemia berat

3. Kacang almond
1 ons kacang almond dapat memberikan 6 persen zat besi kedalam tubuh. Selain itu kacang almond mudah untuk didapatkan

4. Buah-buahan
Buah seperti kismis, plum, apel, anggur, dan melon selain dapat memperlancar aliran darah dapat juga menambahkan sel darah merah. Sedangkan buah jeruk dan limau dapat menambahkan zat besi

5. Sayur-sayuran
Tidak semua jenis sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran yang dapat menambah darah seperti bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli, dan sawi. Ubi merupakan obat alami terbaik untuk meningkatkan sel darah merah.

6. Daging
Daging dapat meningkatkan hemoglobin dan kaya akan zat besi. Daging sangat mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Konsumsilah daging rendah lemah dengan menu diet yang seimbang serta jangan berlebihan karena akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

Selain itu anda dapat mencegah resiko anemia dengan menerapkan pola makan sehat seperti:
1. Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, dengan asupan zat besi yang cukup sesuai denga usia anda
2. Konsumsilah makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B12
3. Perhatukan asupan kalsium, kopi, dan teh yang berlebihan dapat menghambat penyerapan zat besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *