Buah-buah yang Dapat Menangkal Kanker ?

Kanker merupakan penyakit yang mematikan, dimana jutaan orang meningal setiap tahunnya akibat kanker. Kanker dapat dicegah dengan menghindari radikal bebas seperti hidup sehat misalnya mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi dan antikanker. Buah tersebut selain mencegah juga dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker. Berikut ada buah-buah yang diketahui dapat membantu menangkal kanker.
1. Manggis
Buah manggis merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dari seluruh buah-buahan yang ada, terutama pada kulitnya yang mengandung zat xanthone. Zat xanthone diketahi merupakan bahan aktif yang bersifat antikanker, antioksidan, dan mampu menghambat proses penuaan. Kandungan ekstrak methanol pada kulit buah manggis juga mempunyai efek meredam radikal bebas yang kuat.
2. Alpukat
Mengandung glutathione, antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh dengan menghalangi proses penyerapan lemak. Alpukat menyediakan potassium, sumber beta keraton juga, selain itu asam folat, vitamin C, E, dan antioksidan mampu menghentikan serta membunuh sel-sel pra kanker pemicu kanker mulut
3. Anggur
Anggur mengandung bioflavonoid yang merupakan antioksidan kuat yang bekerja sebagai pencegah kanker. Anggur juga merupakan sumber dari resveratrol, fenol alam yang menghambat enzim yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker dan menekan respon kekebalan. Anggur juga dapat menekan proses penuaan terutama anggur merah. Anggur merah jauh lebih rendah dari anggur hijau sehingga tergolong aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.
4. Berry
Kayrya akan asam ellagic yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker seperti blueberry, strawberry, dan raspberry. Senyawa yang terdapat pada buah ini dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel baik. Kombinasi berry dengan sereal gandum dapat menangkal pertumbuhan sel pra kanker pada saluran pencernaan.
5. Apel
Mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C serta mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, dan zinc yang dapat mencegah asap rokok dan asap bermutasi menjadi sel kanker. Kandungan fitokimia, tannin, baron, asam tartar, dan quercetin pada kulit apel dapat mengurangi resiko berkembangnya kanker kolorektal atau kanker rectum. Sedangkan kandungan troterpenoid pada apel merah dapat menghambat pertumbuhan kanker usus, hati, dan paru-paru sebanyak 43%.
6. Jeruk
Buah yang mengandung vitamin C, namun masih terdapat zat yang dapat mencegah sel kanker seperti zat flavonoid, coumarin, potassium, dan pektin. Zat flavonoid glikosida kaemferol pada jeruk nipis dapat menghentikan pembelahan beberap jenis sel kanker. Selain itu zat flavonoid pada jeruk keprok dan lemon dapat meningkatkan sistem imun sekaligus mendorong pemusnahan sel kanker
7. Jambu biji merah
Selain sebagai trombosit booster, buah ini berfungsi sebagai antikanker. Jambu biji mengandung likopen. Zat karotenoid memiliki aktivitas sebagai antioksidan, sehingga bermanfaat memberikan perlindungan pada tubuh dari serangan beberapa jenis kanker.
8. Melon
Kandungan karotenoid yang tinggi dapat membunuh bibit kanker paru-paru. Zat likopen pada melon mampu melawan sel kanker payudara, prostat, dan pancreas. Pilihlah melon dengan warna jingga karena semakin terang warna buah melon maka semakin banyak kandungan karotenoidnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *