Apa Penyebab Serangan Jantung Saat Berolahraga ?

Serangan jantung yang menyerang saat berolahraga bukanlah kesalahn dari olahraga itu sendiri namun merupakan kesalahan dari individunya. Serangan jantung saat olahraga atau juga disebut Sudden Cardiac Death berbeda dengan serangan jantung biasa. Serangan jantung biasa memiliki gejala gejala sebelum serangan jantung itu sendiri terjadi seperti nyeri di bagian jantung atau dada. Sementara serangan jantung mendadak saat olahraga tidak memiliki atau tidak menunjukkan gejala apapun.
Penyebab Serangan Jantung Mendadak

Serangan jantung ketika olahraga terjadi karena individu yang terkena memiliki bibit penyakit jantung. Maksud bibit penyakit jantung adalah adanya warisan penyakit jantung dari orang tua atau saudara. Selain itu pola makan yang tidak seimbang dan tidak baik bisa menyebabkan tumbuh bibit penyakit jantung. Karena memiliki bibit penyakit tersebut maka ketika mereka melakukan olahraga yang berat (lebih berat daripada yang biasa mereka lakukan) maka jantung mereka mengalami gangguan irama jantung yang menyebabkan terhentinya fungsi jantung atau tidak teralirinya jantung dengan oksigen dengan semestinya.
Jangan Salahkan Olahraga

Pada dasarnya mereka yang rajin olahrag belum tentu sepenuhnya sehat. Banyak dari mereka yang sering melakukan aktivitas olahraga tetap memiliki bibit penyakit kronis seperti kolesterol dan juga jantung. Namun, bukan berarti Anda harus menghindari olahraga karena berdasarkan riset mereka yang tidak berolahraga memiliki resiko jauh lebih besar untuk meninggal karena penyakit kronis dibandingkan mereka yang rajin olahraga. Karena pada dasarnya olahraga justru membantu merperkuat jantung dan tubuh, membantu mengeluarkan racun lewat keringat  dan menghilangkan lemak jahat.
Tips Aman Berolahraga

Anda tidak perlu khawatir untuk berolahraga karena olahraga itu menyehatkkan. Bila Anda masih khawatir maka Anda bisa melakukan tips berikut:

1.     Cek kondisi diri Anda ke dokter dan ketahui batasan batasan Anda

2.     Melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga

3.     Banyak minum air putih sebelum dan sesudah olahraga

4.     Berhenti atau beristirahat bila merasa lelah dan tidak memaksakan tubuh

5.     Istirahat cukup

6.     Pola makan yang benar dengan asupan gizi yang cukup dan tidak berlebihan

7.     Rajin check up ke dokter

One thought on “Apa Penyebab Serangan Jantung Saat Berolahraga ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *